Minggu, 01 Mei 2016

Tips dan Trik Memilih Pensil Untuk Menggambar



Bingung pilih pensil?
Bingung memilih antara 9b, 7b, 4b atau 5h, 2h , hb. Sebagai seorang artist ataupun arsitek, kamu pasti butuh kombinasi pensil tertentu untuk membuat shading pada karya.

Dari 9H hingga 9B, kamu tidak harus membeli semuanya, kamu hanya perlu membeli beberapa saja. Kamu hanya perlu membeli kombinasi pensil yang sesuai kebutuhan. Berapa banyak pensil yang harus kamu beli? sedikit, 4 kombinasi pensil sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan menggambarmu.
_pencil_grades
 
Tingkatan ketebalan pensil

Perlu diingat bahwa semakin hitam pensil, semakin besar grafit dan semakin mudah patah/ lunak grafitnya.
Semakin hitam ketebalan pensil (9b, 8b, … 3b) , maka grafitnya semakin lunak/empuk dan akan semakin mudah untuk menghitamkan. Hanya butuh sedikit tekanan pada pensil, dan hitam jet black atau pitch black -pun bisa dibuat dengan mudah. Tapi jangan terlalu keras menekan dan jangan sampai jatuh ke lantai jadi harus ditangani dengan super duper ekstra hati-hati, kalau kamu tidak mau bolak-balik ke artshop untuk beli pensil seperti ini.

Sebaliknya, pensil H (9h, 8h … F/HB) grafit-nya keras karena memang digunakan untuk membuat sedikit hitam … hitam terang… atau apalah sebutannya. Dan sebagian besar pensil seperti ini digunakan untuk membuat line atau garis… atau membuat sketch awal. Banyak digunakan untuk sketch awal karena mudah di hapus. Coba saja menghapus hasil arsir dari pensil 9b…. yang terjadi adalah mimpi buruk… noda hitam disana sini.


Jadi, kombinasi apa saja yang bisa dipakai?
4 kombinasi pensil yang kamu bisa pakai adalah:
1111
H, 2b, 6b, dan 8b
Contoh gambar dengan kombinasi ketebalan pensil tersebut:
123
“Lust”
122
“The Eyes of Despair”

untuk kombinasi, bisa kamu variasi sendiri, sesuai selera. Tapi kalau kamu tetap bingung mau pilih kombinasi sendiri berikut referensi yang bisa kamu jadikan kombinasi
1. antara 9H – 3H
2. antara 2H – HB
3. antara B – 4B
4. antara 5B – 9B

Dan yang harus diingat ketebalan juga dipengaruhi dengan tekanan pada pensil, jadi jika kamu tidak punya banyak tipe pensil maka Tekanan adalah jurus terakhirmu.


Sebenarnya pensil 2B sudah cukup untuk membuat shading, hanya tinggal bagai mana kamu memberikan pressure/ tekanan pada pensil.

Jadi keterbatasan alat jangan di jadikan alasan untuk tidak menggambar
Untuk merek, bebeas…sesuai budget dan keyakinan hahaha…. sedikit info, pensil Faber Castle cenderung mengkilat jika terkena cahaya

Bagi kamu seorang arsitek…disarankan pakai pensil mekanik, kenapa begitu? kamu bisa lihat pembahasannya di artikel tentang Pensil mekanik VS pensil raut. Di situ dibahas lengkap tentang keuntungan dan kekurangan dari ke duanya


Sumber: http://www.carrotacademy.com/tips-dan-trik-memilih-pensil-agar-gambar-lebih-keren/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar